Makanya Tanya...!!!

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Makanya Tanya

Okay…
Akhirnya saya menulis tentang hal ini setelah beberapa kali berpikir, ternyata banyak orang yang belum tahu pentingnya bertanya, mulai dari pengalamn diri sendiri yang pernah berada dititik ini, cerita teman kampus, dan curhatan temen kantor yang bingung diselimuti kesal karena bekerjasama dengan orang berkelakuan seperti yang akan kita bahas.

Kebanyakan fresh garudate yang baru terjun di dunia kerja yang sering kebingungan sendiri tentang ketidaktahuannya, yaa sayapun pernah mengalaminya, mungkin bisa saya bilang ini adalah tahapan dimana seseorang yang baru selesai menyeselaikan masa belajarnya di bangku sekolah atau kampus dan terjun di dunia kerja. Bingung dan segan untuk bertanya kepada senior, merasa akan memalukan ketika bertanya hal yang menurutnya sepele, takut dianggap bodoh, tidak becus, dungu, dan macam-macam pikiran negatif.

Beberapa hal yang akhirnya saya pahami, merasa bodoh ketika bertanya tidak serta merta muncul pasti ada penyebabnya, stereotip kebanyak orang-orang yang mengganggap bahwa tidak tahu, salah, keliru adalah sebuah “dosa”, yaa walaupun tidak secara langsung mengatakan seperti itu, tapi itulah kenyataannya, mungkin kita pernah ingat ketika dibangku sekolah takut bertanya karena takut di anggap bodoh oleh teman-teman dan akhirnya memutuskan untuk diam saja, memendam rasa penasaran dan ketidaktahuan itu sampai akhirnya nyaman dengan kesunyian akal, banyak diantara kita berpikir seperti ini.

“sudah kamu diam saja, jangan terlalu banyak bicara, percaya saja dengan gurumu, dia tidak akan menjerumuskanmu.”

Dan pada akhirnya kita terlatih untuk diam, mencari sendiri jawabannya diluar kelas. Tidak salah memang…. tapi secara tidak langsung efeknya membuat pikiran kita kurang kreatif, hanya mengerjakan apa yang disuguhi, atau kasarnya terlatih disuapi. Nah sikap seperti ini yang jadi batu krikil dalam pekerjaan. Sebuah project atau tugas yang seharusnya bisa selesai dengan cepat, karena ada cecunguk seperti kita yang segan bertanya dan takut dianggap bodoh jadi molor dah tuh project.

okey.. okey…
Mari berdamai dengan diri sendiri, kita sudah tau masalahnya ada dimana, mari kita cari penawar racunnya. Sebernya sih gampang aja, kita harus mengubah mindset kita tentang kesalahan, bahwa salah itu bukanlah sebuah dosa, kalo kita salah ya kita akui, berdamai dengan diri, kemudian cari solusi, akan menjadi kesalahan sesunggugnya ketika kita sudah tau salah malah kita diam saja tidak mencari solusi. Nah solusi yang paling mudah ya bertanya kepada senior yang lebih paham, sepertinya sifat dasar seorang manusia untuk berbagi, termasuk ilmu, orang yang benar-benar paham tentang suatu ilmu dia tidak takut untuk membagikannya kepada orang lain, mereka sudah berpikir jauh kedepan, dengan pengalaman yang telah dilaluinya, berpikir tentang regenerasi, mereka juga ingin ilmunya bermanfaat untuk orang banya. Jadi jangan takut untuk bertanya, dan pastinya dengan tata krama yang baik yaa, tunjukan bahwa kita ingin belajar, dan sungguh-sungguh ingin bisa.

Hilangkan pikiran bahwa salah itu adalah sebuah dosa sehingga membuat kita takut bertanya, bertanya itu asik kok, itu tandanya orang berakal, teringat nasihat dari Abdullah bin Abbas yang berkata:

“Ilmu itu didapat dari lidah yang gemar bertanya dan akal yang suka berpikir 🥰”

Tidak ada alasan lagi untuk takut bertanya. 😊😊


28 Januari 2019
20:56 WIB
Pogung Baru, Sleman
Yogyakarta

comments powered by Disqus